my blog

http://dedysuarjaya.blogspot.com // follow @suarjayadedy

September 17, 2010

MASTER TABLE OF ACCOUNTING SYSTEM IN DEVELOPING COUNTRIES



Fokus Utama Sistem Akuntansi
Gambaran Umum dan Sistem Akuntansi
Anglo American Accounting
(Malaysia)
Fokus utama informasi akuntansi Malaysia adalah untuk keperluan investor dan kreditor.

The Malaysian Institute of Accounting (MIA) didirikan dibawah pengawasan regular perkumpulan profesi akuntan di Malaysia. Tapi, Malaysia merestrukturisasi sistem akuntansinya pada tahun 1997 dengan Financial Reporting Act, yang dibuat oleh Fiancial Reporting Foundation (FRF)/ Badan pelaporan keuangan dan  Malaysian Accounting Standart Board (MASB).
Latin Accounting
(Argentina)
Akuntansi Argentina berfokus pada pemenuhan kebutuhan kreditor dan pemungut pajak.
Standar akuntansi mereka ditetapkan oleh FACPCE, tapi struktur FACPCE berbeda dengan negara Latin lainnya. FACPCE terdiri dari 24 dewan terpisah, setiap anggota dewan mewakili yuridikasi yang berbeda di Argentina. Setelah TR terbentuk oleh FACPCE, maka anggota dewan memutuskan untuk menyetujui TR tersebut atau mengamandemennya untuk bagian tertentu. Kebijakan keuangan di Argentina mewajibkan pelaporan keuangan tahunan dan perusahaan publik juga harus mengeluarkan pernyataan setiap kuartal (4 bulan).
Asian Accounting
(Indonesia)
Sistem akuntansi Indonesia berfokus kepada informasi yang dibutuhkan oleh investor diatas permintaan pemerintah.
Pada tahun 1974, IAI membuat komite standar akuntansi keuangan untuk membuat standar keuangan. Pada tahun 1994, komite standar akuntansi keangan direkonstruksi sebagai aturan standar akuntansi yang lebih independen atas IAI, sekarang DSAK bekerja untuk mengharmonisasi standar akuntansi indonesia dengan IFRS. Indonesia memakai beberapa dasar pengukuran yang berbeda dalam laporan keuangan, salah satunya adalah biaya historis, biaya kini, biaya realisasi, dan nilai sekarang.
Eastern European Accounting
(Rusia)
Standar akuntansi Rusia diformulasikan untuk melacak input dan output. Karena itulah standar mencerminkan sedikit tentang nilai dan laba.
Pemerintah mempunyai kontrol tunggal atas akuntansinya.. Perusahaan di Rusia lebih condong merubah laba untuk menghindari pajak dan merubah pendapatan agar terlihat lebih menguntungkan bagi investor. Perusahaan Rusia dan bank termasuk bank individual harus membuat laporan keuangan yang sesuai dengan IFRS pada awal tahun 2004 dan semua pernyataan konsolidasi oleh perusahaan dan bank harus disiapkan dengan IFRS tetapi untuk perusahaan individual harus lanjut menggunakan GAAP Rusia.

No comments:

Post a Comment