my blog

http://dedysuarjaya.blogspot.com // follow @suarjayadedy

Kamis, 16 September 2010

PERSOALAN PERPAJAKAN INTERNASIONAL


PAJAK LANGSUNG
Terdapat dua pendekatan pengenaan pajak penghasilan yaitu pajak pada penghasilan perusahaan secara klasik dan sistem terintegrasi. Sistem klasik digunakan di Amerika Serikat, Belgia, Nederland, Luxemburg, sebagai contoh pajak penghasilan yang diterima oleh masing – masing kesatuan yang dapat dikenakan pajak.
Sistem terintegrasi (penggabungan) mencoba untuk menggunakan sistem perpajakan dari  perusahaan dan pemegang saham. Terdapat dua cara untuk mengintegrasi sistem yaitu:
A.        Melalui pemisahaan tarif, seperti di Jerman, dimana tarif pajak normal untuk sebagian besar perusahaan  adalah 45%; tarifnya dikurangi hingga 30% untuk keuntungan yang didistribusikan.
B.        Pendekatan yang dominan untuk integrasi adalah imputasi (kepada siapa tanggung jawab ditujukan) dimana pengenaan pajak pada tarif yang sama. Pendekatan ini telah diikuti oleh beberapa negara – negara di Uni Eropa atau juga non Uni Eropa seperti, Canada, Australia, New Zeland, dan Jepang dengan hal yang berbeda. Tetapi kebanyakan negara – negara Eropa telah mengadopsi pendekatan sistem terintegrasi,dimana pembayaran setengah kredit untuk pemegang saham dalam pembayaran pajak oleh perusahan ketika penghasilan didistribusikan oleh pemegang saham.
Penghasilan Yang Dapat Dikenakan Pajak
Dua pendekatan berbeda dalam pengenaan pajak  penghasilan luar negeri adalah pendekatan wilayah dan pendekatan seluruh dunia. Dua cara untuk mengurangi pajak berganda jika penghasilan luar negeri adalah dengan mengkreditkannya dan menggunakan perjanjian  pajak.
Penentuan Biaya
Faktor lain yang menyebabkan perbedaan dalam jumlah pajak yang dibayar yaitu cara suatu negara  memperlakukan biaya tertentu dalam perpajakan. Perbedaan pendapatan antar negara juga  menyangkut umur ekonomis dari suatu aset.
Withholding Tax
Penghasilan yang didapat oleh cabang asing atau gabungan dari perusahaan multinasional  dapat dikenakan pajak luar negeri.  Bagaimanapun, keuntungan nyata yang dikembalikan ke induk dalam wujud dividen, royalti, dan bunga atas hutang intraperusahaan dapat dikenakan pajak terhadap induk.
PAJAK TIDAK LANGSUNG
Nilai Tambah atau Barang-Barang dan Pajak Jasa
Beberapa negara, seperti AS, pajak penghasilan langsung individu adalah sumber pendapatan yang paling utama untuk pemerintah. Di negara lain , seperti Perancis, pajak tidak langsung adalah sangat penting. Contoh pajak tidak langsung adalah pajak konsumsi, pajak pertambahan nilai, bea cukai, dan berbagai biaya-biaya pemakai.
Pajak pertambahan nilai (Value-Added Tax/VAT)
Di Eropa, Pajak Pertambahan Nilai, kadang-kadang dikenal sebagai VAT, adalah suatu sumber dari pendapatan pemerintah yang pantas dipertimbangkan dan juga sumber pendapatan yang utama untuk membiayai operasi EU. Konsep yang mendasari VAT adalah pajak diterapkan pada masing-masing tahap proses produksi untuk nilai tambah pada barang-barang yang dibeli dari luar, yang  sesuai VAT.

PENGHINDARAN PAJAK BERGANDA DARI PENDAPATAN SUMBER ASING
Kredit dan Pengurangan
Cabang asing dan perusahaan anak MNEs mengikuti aturan perpajakan di negara-negara di mana mereka beroperasi. Masalahnya adalah bahwa pendapatan yang dihasilkan di luar negeri mungkin dikenakan pajak pendapatan dua kali yaitu ketika pendapatan direalisir di luar negeri dan ketika direalisir negara induk.
Perjanjian-Perjanjian Pajak.
Perbedaan filosofis tentang bagaimana pendapatan harus dikenakan pajak sudah menimbulkan perjanjian antara negara untuk memperkecil  pajak berganda pada wajib pajak, melindungi masing-masing hak negara untuk mengumpulkan pajak, dan memecahkan isu yang berhubungan dengan hukum.

PERPAJAKAN AMERIKA SERIKAT DARI PENDAPATAN SUMBER ASING
Konsep Tempat Bebas Pajak.
Tempat bebas pajak digambarkan sebagai suatu tempat di mana orang asing boleh menerima pendapatan atau kepemilikan aset tanpa membayar  pajak atas kepemilikan mereka. Beberapa jenis negara-negara tempat bebas pajak antara lain negara-negara dengan tidak ada pajak pendapatan, negara-negara dengan pajak pada tingkat tarif rendah, negara-negara yang mengenakan pajak pendapatan dari sumber domestik tetapi membebaskan pendapatan dari sumber asing, dan negara-negara yang mengijinkan perlakuan khusus mengenai pantas tidaknya mereka sebagai tempat bebas pajak terbatas.
Pengendalian Perusahaan Asing.
Perusahaan AS akan memilih untuk memproduksi dan menjual di luar negeri melalui cabang dari perusahaan induk atau melalui perusahaan asing dimana perusahaan induk mendapatkan perlakuan sama untuk kepentingannya. Pendapatan atau biaya dari cabang asing harus dikombinasikan dengan pendapatan perusahaan induk untuk tujuan pajak dan pembukuan pada periode saat pendapatan dan biaya tersebut terjadi.
Subpart F Income.
Subpart F Income terbagi menjadi 8 kelompok, yaitu: Asuransi dari risiko AS,perusahaan asing yang berdasarkan pendapatan pribadi pemilik , perusahaan asing berdasarkan pendapatan penjualan, perusahaan asing berdasarkan pendapatan jasa , perusahaan asing berdasarkan pendapatan pengiriman dengan kapal, perusahaan asing berdasarkan pendapatan oil-related ,pendapatan bycott-related dan uang suap asing.

EFEK PAJAK DARI PERUBAHAN KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN ASING
Transaksi keuntungan dan kerugian diakui sebagai pendapatan ketika tarif berubah, tidak ketika transaksi selesai. Dalam hal laporan keuangan, untung dan rugi timbul dalam metode current rate yang membawa kelangsungan untuk komponen yang terpisah dari ekuitas stockbrokers, area untung dan rugi timbul dalam metode temporal yang membawa kelangsungan pendapatan.
Transaksi Mata uang Asing.
Perjanjian IRS mengenai transaksi mata uang asing dari dua perspektif transaksi dinyatakan dalam statment No.52 tetapi melihat dari kenyataannya pernyataan itu  tidak diakui dan akan menimbulkan  kerugian sehingga posisi keuangan obligasi secara aktual terputus.
Pendapatan Cabang.
UU pajak AS memperkenalkan sebuah konsep terbatas dari unit bisnis (QBU), dimana perdagangan atau bisnis memisahkan pembukuan . QBU bertujuan agar pendapatan pajak terbagi sampai dua bagian yaitu pendapatan yang mempunyai distribusi kembali ke kantor cabang dan pendapatan itu diterima di luar negeri.
Pendapatan Pajak Dari Luar Negeri.
Pengakuan pendapatan dari badan hukum luar negeri tergantung pada keadaan badan hukum dari Controlled Foreign Coorporation (CFC). Bila badan hukum dari CFC tidak dilaksanakan maka pengakuan dari AS menyatakan dividen tidak didistribusikan.


Controlled Foreign Coorporation (CFC).
Perusahaan AS dapat memilih untuk memproduksi atau menjual melalui perusahaan anak di luar negeri. Penghasilan perusahaan anak dikombinasikan dengan penghasilan perusahaan perusahaan induk untuk tujuan pajak dan pembukuan. CFC adalah perusahaan asing yang 50% sahamnya dipegang orang atau perusahaan AS.

INSENTIF PAJAK
Insentif pajak mempunyai dua bagian penting yaitu insentif dengan kontribusi  yang memikat investor asing dan insentif dengan kontribusi motivasi yang bagus atas ekspor dan pelayanan.
Foreign Sales Corporation (FSC)
“The Foreign Sales Corporation Act” tahun 1984 ditandatangani pada tanggal 18 Juli 1984 sebagai bagian dari TRA tahun 1984 dan hukum baru telah didesain untuk menggantikan “The Domestic International Sales Corporation”(DISC) yang telah ada di AS sejak tahun 1972. WTO telah mengatur bahwa FSC tidak diizinkan menerapkan pendekatan teritorial yaitu pendekatan pembebasan untuk menghindari perpajakan pendapatan sumber asing karena FSC meminta prinsip teritorial hanya untuk segmen ekspor dari pendapatan sumber asing.

DIMENSI PAJAK DARI SESEORANG YANG MENINGGALKAN KEWARGANEGARAANNYA
AS telah menyediakan beberapa keringanan untuk warga yang keluar dari kependudukan AS untuk periode berturut-turut termasuk seluruh tahun yang dikenakan pajak. Warga negara AS dapat mengambil (“The Foreign earned Income Exclusion”) pengeluaran pendapatan yang dihasilkan di luar negeri, jika pajak dalam negerinya dalam negara asing, dipercaya negara lain untuk periode berturut-turut  termasuk seluruh tahun pajak atau di negara lain untuk sedikitnya 330 hari selama 12 bulan berturut-turut.

HARGA TRANSFER ANTAR PERUSAHAAN
Harga internal sebagai harga transfer antarperusahaan atau hanya harga transfer, mengacu pada harga barang-barang dan jasa yang ditransfer (dibeli dan dijual) antara anggota perusahaan.
Harga Transfer dan Tempat Bebas Pajak
Perusahaan dapat menggunakan harga transfer untuk memindahkan keuntungan mereka pada tempat bebas pajak untuk mengurangi beban pajak. Secara konsisten faktor-faktor penting disamping profitabilitas perusahaan adalah perbedaan tarif pajak.
Pertimbangan Pajak Dalam Keputusan-Keputusan Harga Transfer
Berdasarkan harga transfer Ernst &Young 2003 dalam survei global terlihat bahwa 86% responden perusahaan induk MNE dan 93% responden perusahaan cabang mengidentifikasi harga transfer sebagai masalah pajak internasional. Dalam tambahan, survei menunjukkan bahwa 40% dari penyesuian yang dilaporkan dihasilkan dalam pajak berganda.


Metoda untuk Menentukan Perpanjangan Tangan dari Harga                 
Di dalam membuat alokasi, IRS telah mencoba untuk menetapkan apa yang   disebut dengan perpanjangan tangan harga yang seharusnya. Untuk penjualan barang berwujud, harga  dapat ditentukan dengan salah satu dari enam jalan seperti metoda harga tak dapat dikendalikan yang dapat diperbandingkan, metoda harga penjualan kembali, metoda laba yang dapat diperbandingkan, metoda biaya tambahan, metoda laba terpisah, dan metode-metode lainnya.

PERENCANAAN PAJAK DALAM LINGKUNGAN INTERNASIONAL
Lingkungan pajak berbeda  pada setiap negara, dan nasihat dari staf lokal yang berkompeten yang memahami situasi pajak adalah penting. Walaupun  adanya individualisme dari tiap negera, kita dapat menggunakan beberapa konsep umum sebagai pemandu perencanaan pajak .
Metoda Pilihan dari Jasa atau Layanan Pasar Asing.
Ada berbagai cara suatu perusahaan dapat memilih untuk melayani pasar asingnya, yaitu: ekspor barang/jasa dan teknologi, operasi cabang, dan cabang asing.
Ekspor. Ketika pengeksporan barang dan jasa, suatu perusahaan harus memutuskan apakah melayani  produk dari negera asal atau dari suatu penempatan asing. Suatu  perusahaan AS harus mempertimbangkan keuntungan-keuntungan operasi melalui suatu kantor penjualan luar negeri.
Cabang Asing. Operasi luar negeri melalui suatu cabang mempunyai beberapa manfaat berbeda. Laba dan kerugian perusahaan cabang tidaklah tunduk kepada deferasi, hal ini sering berpengaruh baik untuk membuka suatu cabang ketika operasi pertama luar negeri karena tahun awal secara normal merupakan tahun kerugian.
Perusahaan Anak Asing. Sebuah manfaat besar pajak dari operasi luar negeri meskipun suatu cabang pendapatan pada umumnya dinaungi dari perpajakan di dalam negera asal sampai deviden dikirimkan. Masalah utama dalam operasi suatu cabang adalah semua kerugian yang ditanggung tidak bisa dikenali oleh perusahaan induk.
Penempatan Operasi Asing. Penempatan operasi asing dipengaruhi oleh tiga faktor pajak utama: mengenakan pajak perangsang, tarif pajak, dan mengenakan pajak perjanjian. Keberadaan perangsang pajak dapat secara material mengurangi arus kas yang diperlukan untuk suatu proyek investasi, yang mana  akan meningkatkan nilai tunai bersih dari  proyek.
Penetapan Harga Transfer (Transfer Pricing).
Harga transfer adalah suatu metoda penyamaan pajak yang serentak. Kemampuan ini dibatasi oleh terus meningkatnya kewaspadaan otoritas pajak, terutama mereka yang berasal dari Amerika Serikat.

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus